Tentang Kami

Latar Belakang

Arus globalisasi di abad 21 telah merubah dan melahirkan tata kehidupan

baru di segala bidang. Diantara ciri-cirinya adalah timbulnya perdagangan bebas yang menuntut kita harus bersaing ketat dan tajam dengan negara-negara di kawasan regional Asia Tenggara

Menyadari masa depan yang demikian, Indonesia sebagai salah satu negara ASEAN dituntut adanya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keunggulan (Competitive and Comparative Advantage) dengan “Intellectual” agar dapat survive dalam persaingan global.

Memahami hal tersebut Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma memiliki tanggung jawab terhadap upaya peningkatan kualitas sumber daya  manusia dan komitmen untuk menyelenggarakan Program Sarjana (S1) Ilmu Hukum melalui berbagai kompetensi sebagai “Entry Point”, dalam rangka menghasilkan tenaga-tenaga yang memiliki entrepreneurship dan kemampuan bersaing secara akademik dan profesional khususnya di bidang hukum.

Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya  program studi Ilmu Hukum yang  unggul dalam pendidikan dan pengajaran Ilmu Hukum serta menjadi pusat penelitian dan pengabdian masyarakat dalam upaya  menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Hukum yang berbasis kedirgantaraan.”

Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas di bidang hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, hukum kedirgantaraan dan hukum internasional.
  2. Melakukan pengembangan pendidikan, pembelajaran, dan penelitian yang inovatif di bidang ilmu hukum yang unggul dan berstandar nasional.
  3. Mengembangkan ilmu hukum yang relevan dengan perkembangan lingkungan, sosial politik dan praktek bisnis dan teknologi melalui berbagai penelitian dan pengkajian berbasis studi kasus dalam rangka mengembangkan konsep dan pendekatan baru di bidang hukum yang diarahkan pada pemecahan masalah pada skala makro nasional / internasional, dan skala mikro persoalan kedaerahan.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu hukum yang dilandasi tanggung jawab sosial dan peningkatan kesejahteraan Pengabdian kepada masyarakat diarahkan untuk mengabdikan produk berfikir hasil pembaharuan, hasil kajian, produk ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat, serta pelatihan-pelatihan bagi mahasiswa, pelaku di lapangan, termasuk pengambil keputusan dalam birokrasi pemerintahan dan atau lembaga masyarakat.
  5. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga swasta dan
  6. Melaksanakan operasional manajemen program studi yang efektif, efisien dan mandiri mengacu kepada standar penjaminan mutu yang dibakukan.